Saturday, June 12, 2010

KNVB

Maraknya Piala Dunia 2010 membuat semua orang menjadi satu dalam sepakbola. Nah, saya akan menjelaskan sedikit tentang tim Oranje, Belanda.
Lambang Belanda adalah seekor singa yang berwarna oranye dengan tulisan KNVB (Koninklijke Nederlandse Voetbalbond), yang artinya Asosiasi Kerajaan Sepakbola Belanda.
Belanda merupakan tim favorit saya karena permainan Total Football-nya yang khas. Strategi Total Football menerapkan dimana semua pemain bisa menyerang serta bertahan tidak termasuk kiper. Strategi ini terkenal pada saat masa bermainnya Johan Cruyff dkk pada Piala Dunia 1978 dan 1982. Namun mereka kandas di partai final dan hanya mendapatkan gelar runner-up. Belanda dikalahkan oleh Argentina pada tahun 1978 di partai final dengan skor 3-1 setelah babak tambahan dan Jerman Barat pada tahun 1982 dengan skor 2-1. Sejak saat itu, Belanda tidak pernah lagi bisa berjalan sejauh final meskipun mendapat gelar juara UEFA pada tahun 1988. Sehingga banyak orang yang meragukan Belanda bisa juara. Namun tidak bagi saya, karena saya yakin sekaranglah saatnya bagi Belanda untuk menjadi juara setelah 32 tahun penantian. Hal ini dibuktikan dengan mulusnya perjalanan Tim Oranye pada saat babak kualifikasi Piala Dunia.
Saat ini Belanda tergabung dalam Grup E bersama Denmark, Kamerun, dan Jepang.

Perjalanan ke Afrika Selatan
Sangat menakjubkan bagi Belanda karena mereka mengemas 9 kemenangan dari 8 pertandingan. Saat ini Belanda dilatih oleh Bert VAN MARWIJK, seorang mantan pelatih Feyenoord.
Skuad yang bermain juga merupakan pemain-pemain bertalenta tinggi seperti Robin VAN PERSIE, Rafael VAN DER VAART, Wesley SNEIJDER, Klaas Jan HUNTELAAR, dan masih banyak lagi. Naas bagi Belanda harus kehilangan salah satu pemain hebat seperti Arjen ROBBEN karena cedera yang dialami pada saat pertandingan persahabatan melawan Hungaria. Cedera yang dialami Robben sangat tidak tepat, karena Robben cedera tepat sebelum Piala Dunia 2010 bergulir.

Apa yang mereka katakan?
"Kami punya misi: Misi itu adalah menjadi juara dunia" Frank De Boer, Asisten Pelatih.

Susunan Pemain
KIPER
* 1 Maarten STEKELENBURG
* 16 Michel VORM
* 22 Sander BOSCHKER

PEMAIN BERTAHAN
* 2 Gregory VAN DER WIEL
* 3 John HEITINGA
* 4 Joris MATHIJSEN
* 5 Giovanni VAN BRONCKHORST
* 12 Khalid BOULAHROUZ
* 13 Andre OOIJER
* 15 Edson BRAAFHEID

PEMAIN TENGAH
* 6 Mark VAN BOMMEL
* 8 Nigel DE JONG
* 10 Wesley SNEIJDER
* 14 Demy DE ZEEUW
* 18 Stijn SCHAARS
* 20 Ibrahim AFELLAY
* 23 Rafael VAN DER VAART

PENYERANG
* 7 Dirk KUYT
* 9 Robin VAN PERSIE
* 11 Arjen ROBBEN
* 17 Eljero ELIA
* 19 Ryan BABEL
* 21 Klaas Jan HUNTELAAR

PELATIH
* Bert VAN MARWIJK

1 comment: