Saturday, May 1, 2010

Miyamoto Musashi part I


Well,, kemarin kan kita udah bahas tentang samurai, sekarang kita akan bahas salah satu samurai hebat di Jepang.

Dia adalaaaahh,, *teng,, teng,,*
Miyamoto Musashi!!

Yakk, Miyamoto Musashi.. Musashi lahir pada tahun 1584 di provinsi Harima kepulauan Kyushu, Jepang. Ia dipanggil Bennosuke semasa kecilnya. Selama hidupnya, dia telah mengalami berbagai macam pertarungan hebat dan semuanya ia menangkan. Musashi merupakan pencipta aliran pedang "Niten Ichi-Ryu" yang artinya Dua Surga Menjadi Satu. Dia juga menulis kisah kehidupannya dalam buku "Go Rin no Sho" (Buku Tentang Lima Cincin), buku yang menceritakan strategi, taktik dan filosofi yang sampai sekarang masih dipergunakan.

Ia sudah memenangkan duel pada umur tigabelas tahun dengan mengalahkan Arima Kihei yang telah mendalami ilmu pedang Shinto Ryu. Dalam bukunya Go Rin no Sho, Musashi juga mengungkapkan bahwa ia juga mengalahkan Akiyama pada umur enambelas tahun. Pada umur tujuhbelas, dia mengikuti pertempuran di Sekigahara. Dia bertempur di pihak Toyotomi, pasukan dari Barat. Dalam Pertempuran ini, pihak Toyotomi kalah dengan pasukan Tokugawa.

Tiga tahun kemudian dia berkelana menjadi "Ronin" (Samurai tak bertuan). Dia berkelana ke seluruh Jepang untuk mengukur kemampuannya dengan cara berduel de
ngan petarung-petarung hebat.

Pada umur 20-21, Musashi menantang Yoshioka Seijuro, kepala Perguruan Yoshioka di Lapangan Rendaiji. Musashi memenangkan duel ini dengan sekali serang pada bahu kiri Seijuro. Lalu kemudian, Yoshioka Denshichiro menantang Musashi untuk membalaskan dendam kakaknya Seijuro. Namun, dia dikalahkan dengan mudah oleh Musashi. Kemenangan yang kedua ini justru membuat klan Yoshioka marah. Lalu, klan Yoshioka kembali menantang Musashi. Yoshioka dipimpin oleh Yoshioka Matashichiro, yang baru berumur duabelas tahun. Namun, Matashichiro didukung oleh segenap perguruan Yoshioka. Pertempuran ini diadakan di dekat kuil Ichijo. Mereka mengumpulkan pemanah, prajurit infanteri, dan pemain pedang Yoshioka. Perguruan Yoshioka dihancurkan oleh Musashi dengan menjatuhkan Matashichiro. Dalam pertarungan inilah Musashi mengalahkan hampir 100 orang Perguruan Yoshioka. Saat ini, dibangun monumen untuk mengingat pertempuran ini.

Sebelumnya, ayah Musashi, Shinmen Munisai juga pernah bertarung dua atau tiga kali dengan penemu perguruan Yoshioka, Yoshioka Kenpo di depan shogun Ashikaga Yoshiaki. Dalam duel ini, ayah Musashi, Shinmen Munisai selalu menang melawan master Yoshioka. Kemudian, Shogun Ashikaga mengakui Shinmen Munisai sebagai terbaik di Jepang.

BERSAMBUNG..

No comments:

Post a Comment