Monday, April 26, 2010

Save Our Earth


Nah, saat ini bumi semakin panas. Apa yang terjadi?? Ini hanya bisa disebabkan oleh pemanasan global yang saat ini sudah menjadi pembicaraan umum.
Kita sebagai generasi muda seharusnya menjaga dan melestarikan Bumi ini. Unsur terpenting dalam menjaga dan melestarikan Bumi adalah “Air”. Pasti kamu bertanya-tanya mengapa air menjadi unsur terpenting. Ini dikarenakan, yang paling membantu Bumi adalah tanaman. Dalam setahun, satu ekar tanaman mampu mengubah berton-ton karbon dioksida menjadi oksigen. Jadi, jika kita menebang pohon yang sudah berumur lebih dari 200 tahun, maka kita sudah melepaskan karbon dioksida selama 200 tahun begitu saja.
Masalah sampah plastik yang menjadi masalah paling susah untuk dihentikan. Plastik adalah benda yang paling dulit diuraikan oleh makhluk hidup. Dari laporan yang ada, plastik baru terurai setelah 200-400 tahun. Sebagai tambahan, India merupakan Negara dengan sampah plastik terbanyak di dunia. Dalam setahun, plastik yang terkumpul mencapai trilliun.
Seperti gambar di sebelah kiri, anak-anak India rela mandi di sungai yang sudah mati untuk kebutuhan sehari-hari. Sudah dilakukan berbagai upaya untuk membersihkan India dari sampah plastik. Diperkirakan, biaya yang dikeluarkan untuk membersihkan India dari sampah plastik berkisar 500juta US Dollar, namun tetap saja plastiknya tidak habis-habis. Selain itu, gas karbon dioksida yang terlepas di udara juga merupakan masalah yang serius.
Tapi, laporan dari PBB mengatakan bahwa masalah pemanasan global yang sangat mengganggu bumi kita ini adalah peternakan. Kenapa?? Karena peternakan menghasilkan gas rumah kaca (gas penyebab pemanasan global) jauh lebih banyak dibandingkan semua gabungan transportasi di dunia.
Emisi gas rumah kaca industry peternakan meliputi 9% karbon dioksida (CO2) , 37% gas metana (efek pemanasannya 100 kali lebih kuat dari CO2 dalam 5 tahun dan 23 kali lebih kuat dalam 100 tahun), 65% dinitrogen oksida (efek pemanasan 296 kali lebih kuat dari CO2) serta 64% amonia (penyebab hujan asam).
Peternakan menyita 30% dari seluruh permukaan tanah kering
di Bumi dan 33% dari area tanah yang subur dijadikan lading untuk menanam pakan ternak. Peternakan juga penyebab dari 80% penggundulan Hutan Amazon.
Peternakan merupakan sumber terbesar polusi air, kontribuor besar zona mati laut, polusi kimia, matinya batu karang, masalah kesehatan manusia, dan resistensi terhadap antibiotik. Penangkapan ikan di lautan mengakibatkan laut menjadi asam, matinya tumbuhan laut, dan menurunnya kemampuan laut dalam menyerap gas CO2.
Berikut ini beberapa fakta-fakta menarik mengenai pengaruh manusia terhadap Bumi.
1. Jika 25% keluarga yang tinggal di Amerika menggunakan kantong plastik kurang dari sepulu per bulannya, maka itu sudah menghemat 2,5 juta kantong plastik per tahun.
2. Amerika menggunakan 50juta kertas/tahun, ini sama dengan menebang lebih dari 850juta pohon.
3. Setiap hari, lebih dari 40.000 anak meninggal oleh penyakit yang seharusnya dapat dicegah.
4. Setiap hari, 50-100 spesies hewan dan tumbuhan kehilangan ha
bitatnya karena perlakuan manusia yang menghancurkan habitatnya.

Nah, pencegahan yang sebaiknya kita lakukan untuk
mengurangi pemanasan global adalah dengan:
1. Menjadi vegetarian
2. Menanam banyak tanaman, terutama pohon
3. Beralih ke energi yang ramah lingkungan
4. Melakukan penghematan
5. Beralih ke kendaraan hibrida
6. Melakukan perbaikan alam seperti membersihkan sungai atau habitat-habitat hewan dan tumbuhan.
7. Berdoa

Mengapa vegetarian menjadi urutan yang pertama dalam pencegahan pemanasan global? Karena menjadi vegetarian merupakan solusi yang termudah, tercepat dan dapat dilakukan dole semua orang. Dan yang terpenting, menjadi vegetarian berarti kamu sudah menghentikan laju pemanasan global sampai 80%. So guys, mari kita beralih menjadi vegetarian.

1 comment: